Bali · Curcol · Hotel Review · Jalan-Jalan · Kuliner · Libur Lebaran · Sweet Escape

Bali 2018 – Part 1

Super latepost cerita libur lebaran di bulan Juni, yauda di selesaikan aja daripada numpuk di draft kelamaan, enjoy 🙂

Saya udah beli tiket dari setahun lalu, tepatnya setelah pulang dari Jogja, cek-cek harga tiket dan langsung cuss beli.

Tujuannya kemana? masih domestik yaitu ke Bali.

Sempet di tanyain ke Bali mulu gak bosen? hmm, gak tuh karena pastinya ada aja yang baru di Bali dan gak mungkin semua tempat didatengin dalam sekali kunjungan.

Dan siapa sih yang gak suka Bali? mungkin kalo ditanya kampung dimana, pinginnya jawab di Bali, haha.

Tempat-tempat yang kita kunjungi ada yang belum pernah dan ada yang udah pernah. Yang udah pernah ini serasa flashback waktu prewedding dan honeymoon. Yang belum pernah itu emang wish list kalo ada rejeki bisa ke Bali lagi.

Saya ke Bali bareng Brown, Cimon dan BF-nya. Kita di Bali selama 6 hari 5 malem. Karena beli tiket jauh hari sebelumnya inceran saya pasti yang burung biru, syndrome udah ngerasain yang enak. Kalo harga bedanya gak terlalu jauh dibandingkan dengan maskapai lain, saya pasti milih burung biru. Dari segi terminal keberangkatan domestik dibedakan antara burung biru dengan maskapai lain. Serasa anak tiri yah. Selain burung biru saya suka dengan maskapai asal malaysia (kalian tau yang mana lah), bersih, harganya oke dan FA-nya cakep-cakep. Sebenarnya kalo dari perbedaan harga bisa dibilang sesuai dengan yang didapatkan, kalo burung biru kursinya lebih lega trus dapet konsumsi, bantal, selimut, headphone dan lcd untuk nonton film/denger musik. Tapi kalo durasi penerbangannya singkat saya lebih memilih yang lebih ekonomis pastinya #iritmodeon.

Kalo jam penerbangan saya pilih yang pagi biar masih sempet jalan-jalan tapi untuk nextnya mungkin saya bakal cari yang sekitar jam 10 supaya cari taksi onlinenya gampang dan gak harus bangun pagi buta. Yang saya lakukan kalo abis check in bagasi adalah mampir ke gerai tante rambut keriting, dengan nunjukkin boarding pass plus kartu kredit bank cape antri (dengan jenis tertentu) bisa dapet kopi gratis. Jadi pergi dan pulang saya pasti sempetin nuker kopi gratis, irit tapi eksis kan? haha.

Nyampe Bali kita di jemput sama sopir langganan dan selama 6 hari ini kita pakai jasa dia. Kalo ada yang mau kontaknya boleh japri ke saya lewat email tapi soal harga nanya sendiri ya.

Biar rapi dan terarah saya ceritanya per point aja gak pake di ceritain per hari, saya langsung aja jabarin tempat-tempat yang dikunjungi selama di Bali.

Amalfi Hotel dan H Sovereign Hotel

Selama di Bali nginepnya di 2 hotel, 2 malam pertama di Amalfi Hotel Seminyak dan 3 malam berikutnya di H Sovereign Hotel Tuban. Pemilihan hotel berbekal aplikasi Agoda dan include breakfast semua. Lumayan galau dalam pemilihan hotel secara di Bali banyak banget pilihannya. Tapi karena kali ini fokusnya jalan-jalan pilihnya yang standar dan sesuai budget.

Langsung review hotel pertama, Amalfi Hotel Seminyak, dari cek Agoda naksir sama interiornya yang bernuansa putih plus harganya masih masuk budget, oke mantep booking. Pas mau ke TKP harus masuk gang dan hotelnya ada di pojokan. Mungil dan putih bangunannya. Pas masuk lobby buat check in, sukak banget sesuai sama yang di foto-foto. Proses check in gak begitu lama dan sambil nunggu dikasih welcome drink.

Untuk tipe kamar ambil yang superior dan seperti biasa kasih note untuk honeymoon, sukur-sukur dikasih hiasan handuk bebek, haha, aku mah receh ya. Dan inilah penampakannya.

20180617_135153_resized

Overall untuk kamar suka-suka aja, cuma air panasnya agak lama jadi sebelum mandi mesti dinyalain dulu biar anget. Untuk breakfastnya bukan yang tipe buffet tapi dikasih list menu dan disuruh milih 1 (2 gak boleh?) trus pilih mau kopi atau teh. Ada area buffetnya tapi isinya cuma buah-buahan dan jus buah 1 macem doang. Rasa masakannya yaa bolelah cuma buat pecinta buffet kayaknya kurang memuaskan, gak bisa ngider-ngider keliling restaurant dan nongkrongin egg station, haha.

Selebihnya oke-oke aja buat saya dan kalo disuruh balik lagi ke Amalfi? hmm, sepertinya gak karena masih banyak list hotel yang belum disamperin. Saya emang gak suka balik ke hotel yang sama kecuali hotelnya berkesan banget. Sejauh ini yang paling berkesan buat saya waktu nginep di KKB dan Padma Bandung.

Lanjut review hotel selanjutnya, H Sovereign Tuban. Hotel ini menduduki urutan pertama pas booking hotel karena reviewnya yang ciamik dan banyak dapet awards trus letaknya strategis dekat dengan airport. Tipe kamar yang di booking adalah deluxe. Kesan awalnya kurang menyenangkan karena dari 2 kamar yang di booking, yang 1 udah ready, yang 1 lama banget siapnya sampai harus berkali-kali nelpon dan akhirnya kita sengaja nunggu di Front Desk, alesan mereka adalah spreinya belum dateng dari laundry trus banyak yang late check out. Akhirnya setelah drama yang lumayan bikin bete, kamar kedua siap trus kita bisa mandi dan leha-leha. Untuk kamar gak ada komplain, hiasan handuk bebeknya bagus plus dapet honeymoon cake. Imo, buat breakfast hotel rasa makanannya so so semua, gak ada yang spesial. Setelah itu saya terawang hotel ini lebih cocok untuk bisnis trip daripada liburan *pemikiran sotoy tapi kayaknya bener*, haha.

Kesimpulan dari 2 hotel ini yaa ada plus dan minusnya, tapi balik lagi ke pribadi masing-masing. Bagus menurut saya, belum tentu bagus menurut yang lain begitu sebaliknya.

Sate Babi Bawah Pohon

First stop sesampainya di Bali. Lokasinya berbeda dari yang dulu, sekarang di jalan Dewi Sri. Disini antrinya super gila *libur lebaran gitu*, baik yang makan di tempat or take away, kita mutusin buat take away aja biar cepet. Total antri sampe sate di tangan kurleb 2 jam *lemes shay* tapi sebanding dengan kerinduan makan sate babinya, rasanya tetep endeus walau bakarannya udah gak jelas saking ramenya, ada yang rada gosong ada yang masih alot. Harganya udah naik jadi 25k isi 8 tusuk tapi mau gimanapun tetep sate femeus ini akan selalu dicari kalo balik ke Bali.

20180617_112653_resized


La Plancha

Kesini buat mengenang masa honeymoon plus Cimon dan BFnya belum pernah. Kita duduk di bean bags deretan depan yang menghadap ke pantai dengan syarat harus pesen 1 makanan 1 minuman per orang. Untuk harga makanan dan minuman lumayan mahal disini *yah dengan iming-iming bisa liat sunset* tapi porsinya gede-gede dan enak semua. Favorit saya fried calamarynya, endeuss banget. Kita nongki disini sampe sunset dan menjelang malam lampu-lampu kafe dinyalain, tjakep pokoknya, 2 kali kesini saya tetep bahagia. Hihi.

20180617_172532_resized20180617_172858_resized20180617_175234_resized20180617_183906_resized

Warung Babi Guling Pak Malen

Kalo dulu kesini makannya berdua sama Brown, kali ini pesen 1 porsi sendiri. Tadinya kita hampir nyerah mau kesini karena denger kasak kusuk Pak Malen antrinya gak waras kaya Sate Babi Bawah Pohon. Akhirnya tetep coba samperin siapa tau beruntung dan pas nyampe, udah sepi alias udah mau tutup. Kesampean deh makan dan rasanya masih sama, nasi dengan aneka macem babi, pedes gurih kriuk-kriuk.  

20180617_190522_resized

Pantai Petitenget 

Sebenarnya kita gak ada plan kesini cuma karena om-nya Brown ngajak yaudah cuss. Loh kok bisa? jadi pamer, mamer dan adiknya Brown plus sodara-sodara dari pamer ke Bali juga, mereka duluan berangkat tanggal 14 dan kita ketemuan di tanggal 17 dan 18. Pantai ini dekat dari hotel mereka (Montigo Resorts) dan hotel kita nginep, Amalfi. Ya isinya seperti pantai pada umumnya, mungkin karena masih pagi pantainya sepi,  ombaknya cukup besar dan tinggi. Disini kita gak terlalu lama, sekedar maen-maen air dan foto-foto.

20180618_091020_resized

Garuda Wisnu Kencana

Abis dari Pantai Petitenget kita menuju ke GWK. Beberapa tahun lalu saya kesini masih belum jadi patung Dewa Wisnu sama Garudanya. Nah, berhubung udah jadi kita kesini meskipun belum bisa masuk ke galerinya (ada di dalem patungnya, jadi kita cuma bisa ngeliat dan foto dari jauh). Patung GWK ini keren dan megah banget, dari Pantai Petitenget, patung GWK ini kelihatan. Trus tingginya ngalahin Patung Liberty di AS, bangga bener sama karya anak bangsa, gak sia-sia pembangunan selama 28 tahun.

Spot-spotnya yang lain masih sama cuma alur jalanannya gak kaya dulu, dari pintu loket ke spot-spotnya mesti jalan kaki lumayan (apa emang begitu ya? udah kelamaan gak inget lagi saya, haha). Buat yang cape muter-muter dan foto-foto, di dalem GWK ada food court yang jual macem-macem makanan dan minuman, for the first time saya nyobain donat indomie disini, di Jakarta ada tapi nyobainnya ampe Bali. Buat yang belum pernah ke GWK or dulu pernah ke GWK tapi pas belum jadi, kudu mampir!.

20180618_115536_resized

20180618_115133_resized

Nasi Ayam Bu Oki

Salah satu wisata kuliner halal yang wajib di datengin kalo ke Bali adalah Nasi Ayam Bu Oki. Dulu pas honeymoon belinya di bungkus dan saya gak jadi makan karena mual dan muntah-muntah di hotel, akhirnya Brown yang ngabisin 2 bungkus nasi sendirian, LOL. Nah, kali ini saya mau icip dan makan langsung di tempat. Mantep, pedes, enak, gurih, pokoknya jadi kuliner wajib si Bu Oki ini. Kalo di Ubud ada Nasi Ayam Kedewatan, kurleb mirip-mirip dan harganya gak mahal.

20180618_130736_resized

Rock Bar, Ayana Resort & Spa

Tempat yang saya kangenin dan jadi list pertama untuk kembali ke Bali adalah Rock Bar. Letaknya ada di dalem Ayana Resort, kita harus dateng lebih awal dan nungguin sampe Rock Barnya di buka (kecuali kalian menginap di Ayana or Rimba bakal dapet fast access, gausah antri). Selagi nungguin Rock Barnya buka kita boleh keliling resortnya dan foto-foto.

20180618_140041_resized20180618_140058_resized20180618_140201_resized20180618_141435_resized

Saya sempet nyobain rest roomnya dan bagus banget dalemnya, duh mewah dan cantik. WC-nya cakep begini apalagi kamarnya yah? semoga suatu hari nanti kesampean nginep disini or di Rimba juga boleh, LOL. Trus karena masih lama dan udah bingung mau kemana kita nyemil gelato di Gelato Secrets (ada di dalem Ayana juga).

20180618_184414_resized20180618_184507_resized20180618_184504_resized

IMG_20180618_150018_868_resized

Selesai nyemil balik lagi ke pintu antrian udah ada beberapa yang antri. Begitu Rock Barnya udah dibuka kita pun antri lagi buat naik inclinator ke bawah. Sesampenya di bawah kita dijelasin beberapa rules dan tentuin tempat duduk. Kita mesen minuman dan cemilan. Yang saya suka waiter-waiternya ramah dan helpful trus mau bantuin foto. Kita duduk-duduk cantik di Rock Bar sampe sunset.

20180618_165342_resized20180618_180601_resized

New Moon Cafe

Abis dari Ayana kita menuju New Moon Cafe yang masih di daerah Jimbaran. Gak afdol ke Jimbaran tapi gak makan seafood. Kita order paket seafood melalui driver karena dia ada kenalan orang dalem jadi gak usah pusing-pusing. Waktu prewed saya juga kemari bersama crew foto dan asik suasananya makan di tepi pantai. Tapi yang kedua kali ini bikin saya kecewa karena lama banget makanannya dateng, ya kemungkinan besar gara-gara musim liburan jadi super rame, ya begitulah mesti sabar hati dan kalo bisa cari tempat makan yang ringkas dan cepet, kecuali gak buru-buru or belum laper.

 

Cerita part 2-nya lanjut ke postingan berikutnya yaa 🙂 thanks for reading ❤

4 tanggapan untuk “Bali 2018 – Part 1

  1. Banyak cafe2 kece ya di bali… nongkrong2 santai ngobrol nunggu sunset asik bener.
    sama selalu kangen gelatonya di bali enak-enakkkkk…

    Suka

Tinggalkan komentar