Bali · Curcol · Jalan-Jalan · Kuliner · Libur Lebaran

Bali 2018 – Part 2

Lanjut cerita Bali part 2 ya, part 1 bisa di cek di postingan sebelumnya ๐Ÿ™‚

Ubud Market

Saya lupa alesan kita ke Ubud buat ngapain, seinget saya karena Cimon belum pernah ke Ubud. Tujuan kita adalah Ubud Market, dulu waktu honeymoon saya dan Brown gak sempet kemari, kita masuk ke Museum Puri Lukisan dan makan gelato. Ubud Market isinya toko-toko yang menjual cinderamata khas Bali. Saya beli sabun disini, harganya untuk ukuran pasar cukup pricey cuma tokonya bagus (dibandingkan toko-toko sebelah, lantainya berkeramik semacam ruko kecil) dan ada brand lokal yang udah terdaftar. Kalo mau cari cinderamata harga murah better ke Sukawati aja daripada Ubud Market. Abis dari Ubud Market kita jalan kaki dan sempet mampir ke minimarket, saya dan Brown makan samyang dan entah kenapa enak banget, haha. Trus kita nemu Gaya Gelato dan harga gelatonya disini lebih murah daripada yang di PIK cuma pilihan rasanya gak terlalu banyak.

20180619_125525_resized

20180619_125609_resized

Three Monkeys Sanur

Kelar dari Ubud kita menuju Sanur, rencananya mau lunch di Makbeng, sampe sana rame gila plus ujan, mayan sebel padahal udah ngidam ikan goreng di cocol sambel dan sop ikannya. Akhirnya kita cari alternatif dan mendaratlah kita di Three Monkeys Sanur, kalo lihat dari tampilannya, resto ini cukup fancy dan sepi. Pesenlah kita dan saya ngeliat waiternya banyak tapi kurang peka gitu, mesti di panggil berkali-kali dan suka ngobrol di pojokan. Trus bener drama terjadi, pesenan Brown gak di bikinin (atau gak dicatet) pokoknya gak ada dan si Brown ngambek minta di cancel dan bikin kita bad mood. Akhirnya kita saling sharing makanan dan bayar bill (yang gak murah shay, mihil tapi pelayanannya gitu, keciwa daku) trus cepet angkat kaki dari resto ini.

Ayam Betutu Men Tempeh

Ke Bali kalo belum makan ayam betutu itu rasanya ada yang kurang, biasanya kita makan yang Gilimanuk. Kali ini kita cobain yang deket hotel yaitu tepatnya ada di Krisna Galery & Restaurant. Krisna Galery ini semacam foodcourt yang jual aneka makanan dan salah satunya si Ayam Betutu Men Tempeh ini. Kalo gak salah inget waktu itu banyak menu yang kosong, apa karena udah malem? entahlah. Overall rasanya lumayan, kuah betutunya pedes, harga standart tapi kalo boleh milih saya lebih suka yang Gilimanuk ๐Ÿ™‚

Bali Safari & Marine Park

Wish list kesampean! kita ke Taman Safari yang di Bali. Udah lama pengen kesini, maju mundur karena harga tiketnya cukup mihil tapi pas udah sampe sana worth kok. Harga tiketnya macem-macem, pilih aja sesuai kebutuhan. Kita beli yang safari explorer seharga 150k/orang. Biar gak tersesat di dalem, bisa ambil peta di pintu masuk dan ada jadwal shownya juga. Bali Safari lebih bagus pastinya daripada Taman Safari Puncak cuma belum ada panda memang, disini lebih banyak hewannya dan atraksinya lucu-lucu, fasilitasnya juga bagus dan terawat.

Beach Walk

Kalo liburan sebisa mungkin gausah ke mall karena di Jakarta udah banyak mall cuma kalo Beach Walk pengecualian, posisinya strategis banget seberangan sama Pantai Kuta. Inceran saya disini adalah Candylicious, setau saya Candylicious adanya di SG, karena belum pernah kesana yang ada terdekat dulu aja disamperin. Spot-spotnya bagus banget buat foto, surga buat pecinta permen deh. Abis dari Candylicious dan muter-muter mall kita makan di Eat & Eat.

20180620_194200_resized20180620_194419_resized20180620_194443_resized

Mrs. Sippy Bali

Pasti udah tau lah beach club yang satu ini, kesini emang karena mau ngikutin kekinian. Saya dan Brown gak berenang (emang gak bisa renang juga) jadi kita leyeh-leyeh di pinggir kolam sambil cuci mata. Haha. Buat masuk kesini harus bayar, kalo gak salah sekitar 150k/orang tapi 100k-nya bisa digunain buat beli makanan dan minuman, mayan lah ya. Trus klo mau duduk di gazebo or bed yang deket pool ada minimum chargenya. Klo boleh milih saya lebih suka Mrs Sippi daripada P*t*t* H**d.

20180621_110815_resized20180621_104126_resized20180621_104059_resized20180621_103930_resized20180621_110745_resized20180621_111715_resized20180621_110738_resized

Warung Be Sanur

Gara-gara gak kesampean makan di Mak Beng kita masih ngidam dong tapi males di php-in kalo nyampe sana rame dan gak kebagian tempat. Akhirnya driver kita kasih tau kalo ada tempat makan yang nyediain menu kaya di Mak Beng dan tempatnya lebih gede dan sepi (belom banyak yang tau). Karena udah ngidam cuss lah kita kesana, namanya Warung Be Sanur, denger-denger yang punya or kokinya itu dulu dari Mak Beng jadi soal rasa 11-12 lah. Pas sampe tempatnya semacam foodcourt dan emang lebih luas dan gede. Pesen lah kita paket nasi plus ikan goreng dan sop ikannya. Gak lama kemudian datenglah pesenan kita dan rasanya enaakk. Gak beda lah sama Mak Beng trus makannya lebih nyantai karena gak serame Mak Beng. Buat alternatif kalo doi rame boleh banget ke Warung Be Sanur ini *sambil ngetik sambil laper*.

20180620_154738_resized

Paletas Wey

Awalnya mau ke toko sebelah tapi antrinya gak waras. Trus sempet liat salah satu influencer rekomenin frozen fruit bar, nama tempatnya Paletas Wey. Doi bilang kalo Paletas pake buah asli (makanya ada asem-asemnya) so jauh lebih sehat daripada toko sebelah, no offense ya saya cuma ngebacain pendapat dia. Tempatnya lebih sepi memang tapi asik buat nongkrong sambil makan es. Pilihan rasanya macem-macem dan kebanyakan buah-buahan trus bisa di kombinasiin ama macem-macem topping dan dipping. Saya order yang strawberry con. milk pake chocolate dipping, rasanya seger, asem, manis, suka banget. Sampe Jakarta masih kebayang-bayang enaknya dan ternyata di Jakarta ada beberapa outletnya (kemana aja gua selama ini?? Maklum bukan anak gahoel). Saya paling sering ke yang jalan panjang. Rekomen pokoknya ๐Ÿ™‚

Wahaha Pork Ribs

Dulu udah pernah nyobain Nuri’s tapi belom kesampean nyobain Wahaha. Masing-masing punya fansnya sendiri. Kalo saya gak terlalu gimana-gimana sama pork ribs. Tapi mumpung di Bali markicob. Seinget saya pesen pork ribsnya cuma 1 trus bagi 3 sama Brown dan Cimon dan ada mesen menu lainnya. Jujur sekarang kalo disuruh ingetin rasanya kaya apa, saya lupa. Enak-enak aja siy kayaknya dan kemaren gak antri (mungkin masih siang ke sore gitu) trus di depannya ada yang jual kerupuk kulit babi kita ada beli buat oleh-oleh.

20180621_165840_resized20180621_162617_resized20180621_163215_resized20180621_162344_resized

Bakso Wijaya dan Sate babi Pasar Kuta

Pas lagi di Bali tetiba kepengen makan bakso sapi kuah. Cari dimana? Fyi orang Bali kan menganggap suci hewan sapi jadi gak untuk di konsumsi. Driver kita kasih tau ada tempat makan bakso yang enak dan terkenal. Letaknya di Pasar Kuta trus sekalian BF Cimon ada mau beli arak bali di supermarket sana. Pas nyampe tkpnya. Loh, saya kan pernah makan disini dulu pas ke Bali beberapa tahun yang lalu. Waktu itu saya ke Bali bareng Cimon dan 1 temen kampus kita, sebut saja dia Melati. Melati ini muslim jadi saya dan Cimon kulinerannya nyesuaiin sama Melati juga. Langsung seneng dong ketemu warung bakso, dia modelnya bakso soto tapi bisa isinya bakso aja tanpa potongan daging sapi. Saya happy banget bisa makan bakso ini lagi, harganya juga gak mahal.

20180621_175624_resized

Lanjut di seberang Bakso Wijaya, ada yang jual sate babi. Namanya sate babi Bli Ketut. Karena hari pertama belom puas makan yang femeus dan cape antri itu, kita tergoda buat cobain yang ini, ya kalo gak enak gausah balik lagi. Harganya 20k dapet 10 tusuk. Rasanya gimana? Uenak banget dah, malah kok enakan ini daripada si femeus. Mantep pokoknya kalo saya ke Bali lagi dan kudu mampir ke sate babi ini.

20180621_202646_resized20180621_203018_resized

NOOK

Nook adalah tempat terakhir yang kita kunjungi di Bali kemaren. Modelnya kaya kafe tapi di sawah-sawah gitu. Bagus dan instagramable banget. Lumayan lah liat ijo-ijo. Makanan dan minumannya juga enak-enak dan ada jual pernak pernik kaya tas, topi, pajangan dan sebagainya, harganya sih overpriced secara kafe khan ya.

20180622_101749_resized20180622_101803_resized1529636554758152963655610015296461535891529646140980152964614253215296461496561529646138608

Fiuh selesai juga, ada yang kelewat gak ya? Yaudalah kelarin aja superlatepost ini. Semoga berfaedah ^^ see ya!

Iklan
Bali · Curcol · Hotel Review · Jalan-Jalan · Kuliner · Libur Lebaran · Sweet Escape

Bali 2018 โ€“ Part 1

Super latepost cerita libur lebaran di bulan Juni, yauda di selesaikan aja daripada numpuk di draft kelamaan, enjoy ๐Ÿ™‚

Saya udah beli tiket dari setahun lalu, tepatnya setelah pulang dari Jogja, cek-cek harga tiket dan langsung cuss beli.

Tujuannya kemana? masih domestik yaitu ke Bali.

Sempet di tanyain ke Bali mulu gak bosen? hmm, gak tuh karena pastinya ada aja yang baru di Bali dan gak mungkin semua tempat didatengin dalam sekali kunjungan.

Dan siapa sih yang gak suka Bali? mungkin kalo ditanya kampung dimana, pinginnya jawab di Bali, haha.

Tempat-tempat yang kita kunjungi ada yang belum pernah dan ada yang udah pernah. Yang udah pernah ini serasa flashback waktu prewedding dan honeymoon. Yang belum pernah itu emang wish list kalo ada rejeki bisa ke Bali lagi.

Saya ke Bali bareng Brown, Cimon dan BF-nya. Kita di Bali selama 6 hari 5 malem. Karena beli tiket jauh hari sebelumnya inceran saya pasti yang burung biru, syndrome udah ngerasain yang enak. Kalo harga bedanya gak terlalu jauh dibandingkan dengan maskapai lain, saya pasti milih burung biru. Dari segi terminal keberangkatan domestik dibedakan antara burung biru dengan maskapai lain. Serasa anak tiri yah. Selain burung biru saya suka dengan maskapai asal malaysia (kalian tau yang mana lah), bersih, harganya oke dan FA-nya cakep-cakep. Sebenarnya kalo dari perbedaan harga bisa dibilang sesuai dengan yang didapatkan, kalo burung biru kursinya lebih lega trus dapet konsumsi, bantal, selimut, headphone dan lcd untuk nonton film/denger musik. Tapi kalo durasi penerbangannya singkat saya lebih memilih yang lebih ekonomis pastinya #iritmodeon.

Kalo jam penerbangan saya pilih yang pagi biar masih sempet jalan-jalan tapi untuk nextnya mungkin saya bakal cari yang sekitar jam 10 supaya cari taksi onlinenya gampang dan gak harus bangun pagi buta. Yang saya lakukan kalo abis check in bagasi adalah mampir ke gerai tante rambut keriting, dengan nunjukkin boarding pass plus kartu kredit bank cape antri (dengan jenis tertentu) bisa dapet kopi gratis. Jadi pergi dan pulang saya pasti sempetin nuker kopi gratis, irit tapi eksis kan? haha.

Nyampe Bali kita di jemput sama sopir langganan dan selama 6 hari ini kita pakai jasa dia. Kalo ada yang mau kontaknya boleh japri ke saya lewat email tapi soal harga nanya sendiri ya.

Biar rapi dan terarah saya ceritanya per point aja gak pake di ceritain per hari, saya langsung aja jabarin tempat-tempat yang dikunjungi selama di Bali.

Amalfi Hotel dan H Sovereign Hotel

Selama di Bali nginepnya di 2 hotel, 2 malam pertama di Amalfi Hotel Seminyak dan 3 malam berikutnya di H Sovereign Hotel Tuban. Pemilihan hotel berbekal aplikasi Agoda dan include breakfast semua. Lumayan galau dalam pemilihan hotel secara di Bali banyak banget pilihannya. Tapi karena kali ini fokusnya jalan-jalan pilihnya yang standar dan sesuai budget.

Langsung review hotel pertama, Amalfi Hotel Seminyak, dari cek Agoda naksir sama interiornya yang bernuansa putih plus harganya masih masuk budget, oke mantep booking. Pas mau ke TKP harus masuk gang dan hotelnya ada di pojokan. Mungil dan putih bangunannya. Pas masuk lobby buat check in, sukak banget sesuai sama yang di foto-foto. Proses check in gak begitu lama dan sambil nunggu dikasih welcome drink.

Untuk tipe kamar ambil yang superior dan seperti biasa kasih note untuk honeymoon, sukur-sukur dikasih hiasan handuk bebek, haha, aku mah receh ya. Dan inilah penampakannya.

20180617_135153_resized

Overall untuk kamar suka-suka aja, cuma air panasnya agak lama jadi sebelum mandi mesti dinyalain dulu biar anget. Untuk breakfastnya bukan yang tipe buffet tapi dikasih list menu dan disuruh milih 1 (2 gak boleh?) trus pilih mau kopi atau teh. Ada area buffetnya tapi isinya cuma buah-buahan dan jus buah 1 macem doang. Rasa masakannya yaa bolelah cuma buat pecinta buffet kayaknya kurang memuaskan, gak bisa ngider-ngider keliling restaurant dan nongkrongin egg station, haha.

Selebihnya oke-oke aja buat saya dan kalo disuruh balik lagi ke Amalfi? hmm, sepertinya gak karena masih banyak list hotel yang belum disamperin. Saya emang gak suka balik ke hotel yang sama kecuali hotelnya berkesan banget. Sejauh ini yang paling berkesan buat saya waktu nginep di KKB dan Padma Bandung.

Lanjut review hotel selanjutnya, H Sovereign Tuban. Hotel ini menduduki urutan pertama pas booking hotel karena reviewnya yang ciamik dan banyak dapet awards trus letaknya strategis dekat dengan airport. Tipe kamar yang di booking adalah deluxe. Kesan awalnya kurang menyenangkan karena dari 2 kamar yang di booking, yang 1 udah ready, yang 1 lama banget siapnya sampai harus berkali-kali nelpon dan akhirnya kita sengaja nunggu di Front Desk, alesan mereka adalah spreinya belum dateng dari laundry trus banyak yang late check out. Akhirnya setelah drama yang lumayan bikin bete, kamar kedua siap trus kita bisa mandi dan leha-leha. Untuk kamar gak ada komplain, hiasan handuk bebeknya bagus plus dapet honeymoon cake. Imo, buat breakfast hotel rasa makanannya so so semua, gak ada yang spesial. Setelah itu saya terawang hotel ini lebih cocok untuk bisnis trip daripada liburan *pemikiran sotoy tapi kayaknya bener*, haha.

Kesimpulan dari 2 hotel ini yaa ada plus dan minusnya, tapi balik lagi ke pribadi masing-masing. Bagus menurut saya, belum tentu bagus menurut yang lain begitu sebaliknya.

Sate Babi Bawah Pohon

First stop sesampainya di Bali. Lokasinya berbeda dari yang dulu, sekarang di jalan Dewi Sri. Disini antrinya super gila *libur lebaran gitu*, baik yang makan di tempat or take away, kita mutusin buat take away aja biar cepet. Total antri sampe sate di tangan kurleb 2 jam *lemes shay* tapi sebanding dengan kerinduan makan sate babinya, rasanya tetep endeus walau bakarannya udah gak jelas saking ramenya, ada yang rada gosong ada yang masih alot. Harganya udah naik jadi 25k isi 8 tusuk tapi mau gimanapun tetep sate femeus ini akan selalu dicari kalo balik ke Bali.

20180617_112653_resized


La Plancha

Kesini buat mengenang masa honeymoon plus Cimon dan BFnya belum pernah. Kita duduk di bean bags deretan depan yang menghadap ke pantai dengan syarat harus pesen 1 makanan 1 minuman per orang. Untuk harga makanan dan minuman lumayan mahal disini *yah dengan iming-iming bisa liat sunset* tapi porsinya gede-gede dan enak semua. Favorit saya fried calamarynya, endeuss banget. Kita nongki disini sampe sunset dan menjelang malam lampu-lampu kafe dinyalain, tjakep pokoknya, 2 kali kesini saya tetep bahagia. Hihi.

20180617_172532_resized20180617_172858_resized20180617_175234_resized20180617_183906_resized

Warung Babi Guling Pak Malen

Kalo dulu kesini makannya berdua sama Brown, kali ini pesen 1 porsi sendiri. Tadinya kita hampir nyerah mau kesini karena denger kasak kusuk Pak Malen antrinya gak waras kaya Sate Babi Bawah Pohon. Akhirnya tetep coba samperin siapa tau beruntung dan pas nyampe, udah sepi alias udah mau tutup. Kesampean deh makan dan rasanya masih sama, nasi dengan aneka macem babi, pedes gurih kriuk-kriuk. ย 

20180617_190522_resized

Pantai Petitengetย 

Sebenarnya kita gak ada plan kesini cuma karena om-nya Brown ngajak yaudah cuss. Loh kok bisa? jadi pamer, mamer dan adiknya Brown plus sodara-sodara dari pamer ke Bali juga, mereka duluan berangkat tanggal 14 dan kita ketemuan di tanggal 17 dan 18. Pantai ini dekat dari hotel mereka (Montigo Resorts) dan hotel kita nginep, Amalfi. Ya isinya seperti pantai pada umumnya, mungkin karena masih pagi pantainya sepi,ย  ombaknya cukup besar dan tinggi. Disini kita gak terlalu lama, sekedar maen-maen air dan foto-foto.

20180618_091020_resized

Garuda Wisnu Kencana

Abis dari Pantai Petitenget kita menuju ke GWK. Beberapa tahun lalu saya kesini masih belum jadi patung Dewa Wisnu sama Garudanya. Nah, berhubung udah jadi kita kesini meskipun belum bisa masuk ke galerinya (ada di dalem patungnya, jadi kita cuma bisa ngeliat dan foto dari jauh). Patung GWK ini keren dan megah banget, dari Pantai Petitenget, patung GWK ini kelihatan. Trus tingginya ngalahin Patung Liberty di AS, bangga bener sama karya anak bangsa, gak sia-sia pembangunan selama 28 tahun.

Spot-spotnya yang lain masih sama cuma alur jalanannya gak kaya dulu, dari pintu loket ke spot-spotnya mesti jalan kaki lumayan (apa emang begitu ya? udah kelamaan gak inget lagi saya, haha). Buat yang cape muter-muter dan foto-foto, di dalem GWK ada food court yang jual macem-macem makanan dan minuman, for the first time saya nyobain donat indomie disini, di Jakarta ada tapi nyobainnya ampe Bali. Buat yang belum pernah ke GWK or dulu pernah ke GWK tapi pas belum jadi, kudu mampir!.

20180618_115536_resized

20180618_115133_resized

Nasi Ayam Bu Oki

Salah satu wisata kuliner halal yang wajib di datengin kalo ke Bali adalah Nasi Ayam Bu Oki. Dulu pas honeymoon belinya di bungkus dan saya gak jadi makan karena mual dan muntah-muntah di hotel, akhirnya Brown yang ngabisin 2 bungkus nasi sendirian, LOL. Nah, kali ini saya mau icip dan makan langsung di tempat. Mantep, pedes, enak, gurih, pokoknya jadi kuliner wajib si Bu Oki ini. Kalo di Ubud ada Nasi Ayam Kedewatan, kurleb mirip-mirip dan harganya gak mahal.

20180618_130736_resized

Rock Bar, Ayana Resort & Spa

Tempat yang saya kangenin dan jadi list pertama untuk kembali ke Bali adalah Rock Bar. Letaknya ada di dalem Ayana Resort, kita harus dateng lebih awal dan nungguin sampe Rock Barnya di buka (kecuali kalian menginap di Ayana or Rimba bakal dapet fast access, gausah antri). Selagi nungguin Rock Barnya buka kita boleh keliling resortnya dan foto-foto.

20180618_140041_resized20180618_140058_resized20180618_140201_resized20180618_141435_resized

Saya sempet nyobain rest roomnya dan bagus banget dalemnya, duh mewah dan cantik. WC-nya cakep begini apalagi kamarnya yah? semoga suatu hari nanti kesampean nginep disini or di Rimba juga boleh, LOL. Trus karena masih lama dan udah bingung mau kemana kita nyemil gelato di Gelato Secrets (ada di dalem Ayana juga).

20180618_184414_resized20180618_184507_resized20180618_184504_resized

IMG_20180618_150018_868_resized

Selesai nyemil balik lagi ke pintu antrian udah ada beberapa yang antri. Begitu Rock Barnya udah dibuka kita pun antri lagi buat naik inclinator ke bawah. Sesampenya di bawah kita dijelasin beberapa rules dan tentuin tempat duduk. Kita mesen minuman dan cemilan. Yang saya suka waiter-waiternya ramah dan helpful trus mau bantuin foto. Kita duduk-duduk cantik di Rock Bar sampe sunset.

20180618_165342_resized20180618_180601_resized

New Moon Cafe

Abis dari Ayana kita menuju New Moon Cafe yang masih di daerah Jimbaran. Gak afdol ke Jimbaran tapi gak makan seafood. Kita order paket seafood melalui driver karena dia ada kenalan orang dalem jadi gak usah pusing-pusing. Waktu prewed saya juga kemari bersama crew foto dan asik suasananya makan di tepi pantai. Tapi yang kedua kali ini bikin saya kecewa karena lama banget makanannya dateng, ya kemungkinan besar gara-gara musim liburan jadi super rame, ya begitulah mesti sabar hati dan kalo bisa cari tempat makan yang ringkas dan cepet, kecuali gak buru-buru or belum laper.

 

Cerita part 2-nya lanjut ke postingan berikutnya yaa ๐Ÿ™‚ thanks for reading โค