Curcol · Jalan-Jalan · Kuliner · Libur Lebaran · Malaysia

Jalan-jalan ke Malaysia (part 1)

Oke mari siapkan hati buat baca postingan libur lebaran 2019 versi Nie, bacanya santai aja kalo perlu sambil nyemil popcorn or ciki, LOL. Saya akan bagi dalam beberapa part biar gak kepusingan bacanya dan semoga bisa menambah informasi dan wawasan buat yang mau traveling ke Malaysia.

Sebelum mulai ceritanya saya mau kasih beberapa pencerahan:

Jumlah personel yang ikut dalam traveling ini ada saya, Brown, Cimon dan BF Cimon (untuk mempermudah penyebutan, saya bakal nulis nama BF-nya Cimon = Pibi, itu rekues dari Cimon, jangan tanya kenapa dikasih nama itu).

Hotel tempat kita nginep ada 2, namanya Hotel Travelodge Bukit Bintang dan Hotel Transit KL. Yang Travelodge di Jalan Alor yang Transit ada di Jalan Pudu. Alesan milih sekira-kiranya aja trus nyari yang bintang 3 karena bakal lebih banyak jalan-jalan daripada ngedon di hotel.

Transpotasi di Malaysia:

• Grab, wajib banget punya aplikasi ini dan biayanya lebih murah dibandingkan teksi bermeter (taxi maksudnya, sis), yang saya suka supir grab disini gak banyak cingcong dan to the point semua, bahkan ada yang gak ngajak ngomong sama sekali trus kayaknya disini gak biasa nerima uang lebihan alias tipping.
  • Bus Go KL City, bus ini favorit saya, soalnya grateiss, bus melayani rute pusat kota Kuala Lumpur. Ada beberapa rute di bus Go KL yaitu:

Go Relax (Red Line), yang melewati hotel dan penginapan terkenal di KL.

Go Work (Blue Line), yang melewati pusat bisnis dan perkantoran utama di KL.

Go Sightsee (Purple Line), yang melewati pusat pariwisata dan landmark kota seperti KL Tower dan Pasar Seni.

Go Shop (Green Line), yang melewati pusat perbelanjaan seperti Bukit Bintang dan KLCC.

Untuk lebih jelasnya bisa cek map dibawah ini:

gokl-map

Selain Bus Go KL ada Rapid KL dan KL Hop On Hop Off, untuk 2 ini kita gak pakai, keterangan jelasnya bisa gugel sendiri ya.

• Kalo yang berbasis rel lebih banyak pilihan dan sudah terintregasi menjadi satu yang dinamakan Klang Valley Integrated Rail Transit. Di dalamnya terdiri dari KL Monorail, LRT (Light Rapid Transit), KTM Komuter, KLIA Ekspres/KLIA Transit dan MRT (Mass Rapid Transit). Selama di Malaysia yang kita pake: LRT, KTM Komuter dan MRT.

Untuk petanya bisa cek map dibawah ini:

klang-valley-integrated-transit-map-002

Udah pusing belum baca petanya? tenang saya juga awal-awal pusing, cuma pas udah disana jadi lumayan ngerti dan gak sampe nyasar, kalo salah turun ya ada cuma sekali doang, intinya save mapnya di HP dan sebelum naik or turun lihat petunjuk dulu. Saran saya yang penting 1 hari itu udah tau mau kemana dan baru cari di gugel naik transpotasi apa, jangan langsung baca buat beberapa hari yang ada pusing sendiri, lama-lama nanti terbiasa ^^

Untuk komunikasi dan internet saya gak sewa modem wifi dari Indonesia tapi beli sim card di KLIA, untuk provider pake Digi, harganya 20RM untuk 7 hari. Selain Digi ada provider lain kaya Hotlink, cuma pas nemunya Digi yauda pake Digi aja, signalnya oke tapi karena aktif sosial media belum 7 hari udah abis duluan kuotanya. Untung Brown bawa modem XL dari Indonesia dan pake sim card yang bisa dipake buat ke luar negeri, 2 hari terakhir saya numpang wifi sama Brown, haha.

Oke sekian pencerahan dari saya, mari kita mulai cerita liburan ke Malaysia selama 7 hari 6 malemnya (belum mulai aja saya udah engap ngetiknya >.<)

2 Juni 2019

Bangun pagi tapi semangat, kalo hari biasa boro-boro, haha. Karena flight jam 08.30 jadinya kudu bangun 3 jam sebelumnya trus siap-siap menuju Airport, Cimon beda maskapai pesawat sama saya dan Brown, jadi kita pesen grab dari apartemen dengan tujuan Terminal 2F trus lanjut ke Terminal 3.

Sesampainya disana saya langsung ke counter check in dan drop bagasi, trus petugasnya minta maaf kalo kita gak bisa duduk sebelahan karena kode booking tiket kita beda dan dia prioritasin yang duduk bareng itu family or bawa infant. Yaudalah beda 3 baris doang yang penting bisa sampe ke tujuan. Selesai check in dan drop bagasi kita menuju gate yang udah ditentukan. Sebenarnya saya kepingin nebus minuman 1 rupiah di tante rambut keriting dan saya pikir ada di tempat nunggu ternyata gak ada, jadinya ke Djournal Coffee aja sambil numpang ngecas sebentar. Oia ini pertama kalinya saya ke imigrasi, gak di tanya apa-apa sih, tapi Brown sempet ditanya-tanya sama petugasnya.

20190602_060101_resized_1

Sekitar jam 08.00 udah mulai di panggilin buat naik ke pesawat dan selama penerbangan saya rada gelisah padahal biasanya saya excited naik pesawat apalagi burung biru kan nyaman dan ada entertainmentnya. Sampe pas dibagiin makanan saya gak ambil cuma minta mineral water, mungkin ada enek efek kopi Djournal yang strong banget, pokoknya bawaannya pengen cepet-cepet sampe dan turun dari pesawat.

Setelah 2 jam gelisah, Puji Tuhan mendarat juga di KLIA (Kuala Lumpur International Airport), nah saya itu mendaratnya di Terminal M, sempet bingung terminal M itu dimana, di KLIA 1 or KLIA 2, jadi Terminal M itu adanya di KLIA 1 trus kita harus naik sky train gitu baru sampe ke Terminal M ini (begitu yang saya alami, koreksi ya kalo saya salah). Sedangkan Cimon mendaratnya di KLIA 2, berhubung saya dan Brown sampai duluan jadi kita lah yang ke KLIA 2. Rutenya setelah mendarat, jalan ke imigrasi, ambil bagasi dan jalan ke sky train menuju KLIA 1 dan turun ke lantai paling bawah nanti ada bus gratis buat ke KLIA 2.

IMG-20190602-WA0003_resized_1
Imigrasi

20190602_123601_resized_1

Saya lupa saya beli simcard Digi itu kapan yang jelas masih di dalam airport, beli yang paket 7 hari seharga 20RM, saya beli 2, buat saya dan Cimon. Sesampainya di KLIA 2 kita nunggu Cimon beberapa lama dan akhirnya ketemu Cimon trus pesen grab menuju hotel pertama, Travelodge Bukit Bintang. Biaya grab 75RM (kita pake grab plus karena bawa koper 2pcs, kalo cuma bawa koper kecil or tas bisa pake just grab seharga 65RM) ditambah 10RM biaya tol tapi kita ngasih 100RM karena jaraknya lumayan jauh, kurleb 1 jam dari KLIA menuju Bukit Bintang.

Dalam perjalanan saya mengamati kalo Malaysia kurang lebih ya mirip sama Indonesia, banyak memang yang bilang begitu tapi tetep excited, ini toh rasanya ke luar negeri. Sesampainya di Travelodge Bukit Bintang, Pibi sudah menyambut kita, btw, kita ketemuan sama Pibi langsung di TKP soalnya dia lagi ada urusan. Trus kita check in dan taro koper plus leyeh-leyeh dulu di kamar trus siap-siap buat petualangan pertama di Kuala Lumpur, Malaysia.

Kesan pertama hotelnya gak terlalu besar, front officenya kecil, kamarnya oke dan cukup luas, amenitiesnya standart buat hotel bintang 3, yang saya acungi jempol adalah securitynya ramah banget dan selalu sigap di pintu masuk. Fyi, kalo nginep di Malaysia selain biaya menginap di hotel (kita booking pake agoda jadi udah lunas bayar pake CC) ada biaya pajak untuk turis yaitu 10RM/malam/kamar, kita nginep 3 malam jadinya 30RM x 2 kamar = 60RM, kalo deposit di Travelodge gak diminta.

Firs stop kita adalah makan di Nasi Hainan Chee Meng, pasti tau kan ya nasi hainan femeus ini. Saya pesen set nasi ayam goreng, goreng maksudnya roasted ya trus minumnya kalo gak salah teh o es (teh o es itu maksudnya es teh manis, kayaknya gak ada es teh tawar disini, mungkin bisa rekues minta gak pake gula). Kalo Brown pesen set nasi ayam tapi yang rebus bukan yang goreng, Pibi sama kaya saya, kalo Cimon pesen wonton mee.

Oiya di Malaysia pakenya bahasa Melayu, trus inggris, ada juga mandarin ato hokkian/cantonese. Jadi ngomong pake bahasa Indonesia mereka masih paham or pake inggris seadanya, LOL or kalo udah gagal paham pake sistem touch screen aja alias nunjuk mau yang mana.

Pesenan kita dateng dan porsinya cukup gede, nasi hainannya wangi, warnanya kekuningan trus ayamnya enak (kalo kata Pypy kuah ayamnya kaya cuka pempek), udah dapet kuah sup juga, kesan pertama yang bagus, cocok di lidah kita semua. Tapi karena porsi ayamnya gede, saya gak abis jadi kasih ke Brown.

20190602_160055_resized_1

Selesai makan kita duduk-duduk sebentar sambil ngobrol trus jalan kaki ke Pavilion KL. Nah, kurang okenya selama kita di KL cuaca gak bersahabat, setiap hari hujan. Kita gak persiapan payung or jas hujan sama sekali jadinya harus neduh dulu or terobos buat sampe ke Pavilion KL. Pavilion KL ini adalah Mall di daerah Bukit Bintang, kurang lebih kaya mall di Jakarta, isinya penuh dengan branded store yang kece-kece. Trus main entracenya super rame, banyak yang lalu lalang, foto-foto selfie-video-an, trus sekelilingnya dihiasi layar-layar gede buat iklan makanya di namain Bintang Walk kali ya. Keren dan takjub. Pavilion ini berseberangan dengan pusat perbelanjaan Fahrenheit 88, Lot 10 dan Starhill Galery.

20190602_183116_resized_1

20190602_183054_resized_1

20190602_183048_resized_1

Kita masuk ke Pavilion lewat underpass dari Fahrenheit 88, nyampe di Pavilion langsung liat antrian Tiger Sugar (TS), berhubung cape jalan dari Chee Meng trus ditambah lari-lari keujanan kita ngantri beli TS dulu, untung gak terlalu panjang antrinya kaya di MKG, haha. Pesennya Brown Sugar Fresh Milk with Boba. Seger banget minum TS, belinya 1 aja soalnya masih banyak yang harus di explore ntar keburu begah.

20190602_173422_resized_1

20190602_173441_resized_1

20190602_173921_resized_1

Abis dari TS kita puter-puter trus nemu banyak resto yang gak ada di Indo, pengen rasanya cobain semua, cuma harus pilih-pilih dengan seksama. Akhirnya nemu Tokyo Milk Cheese Factory dan saya berhenti karena ada menu soft ice creamnya. Kalo biskuitnya udah pernah coba dikasih oleh-oleh sama tantenya Brown dari HK, emang enak dan melted banget pas masuk mulut. Saya dan Pibi beli soft ice creamnya yang cup, saya pilih yang twist jadi ada milk dan cheesenya, sukak banget, harganya 12RM (buat perkiraan 1RM = 3.500 rupiah ya) trus berdoa supaya Tokyo Milk Cheese masuk ke Indo, haha.

20190602_174855_resized_1

20190602_175006_resized_1

Bis itu kita puter-puter lagi dan mutusin keluar dari Pavilion, mau ke Petronas Twin Tower. Kita ke Petronas naik bus Go KL yang Green Line (cek map di atas) dari Starhill Galery, frekuensi kedatangan bus pada working day dan peak hours setiap 5 menit sedangkan pada jam lainnya setiap 10 menit. Waktu bus Go KL dateng, tinggal lihat tujuan busnya kemana trus naik deh.

20190602_184509_resized_1
kondisi dalam bus Go KL

Suatu pengalaman yang menyenangkan buat saya naik bus Go KL, udah gitu gratis jadi irit biaya transpotasi, busnya nyaman dan dingin. Gak lama kita turun di halte GO KL, pas banget dibaliknya udah Suria KLCC. Jalan dikit udah keliatan Petronas Twin Towernya. Takjub banget gak nyangka udah sampe sini, biasa ngeliat di gugel doang eh sekarang lihat Twin Tower secara langsung, one of my bucket list checked!, Puji Tuhan.

20190602_190103_resized_1

IMG_20190602_193543_644_resized_1

20190602_192155_resized

Puas foto-foto dan leha-leha di Petronas kita balik ke hotel naik bus Go KL Green Line lagi dan turun di Bukti Bintang trus jalan kaki sampe hotel bermodalkan maps, pas udah deket hotel loh kok ini jalan rame banget sama penjual makanan minuman, ternyata Travelodge itu sebelahan langsung sama Alor Night Food Market yang femeus itu (memang awalnya pilih Travelodge karena di jalan Alor cuma gak nyangka sebelahan pas bener). Yauda abis nyampe hotel kita mandi, istirahat bentar trus keluar lagi buat kulineran malam.

Banyak banget pilihan kuliner di Night Food Market, trus sepanjang jalan kita bakal di panggil-panggilin buat mampir ke rumah makan/jajanan yang ada. Malem itu saya dan Brown jajan dimsum warna warni trus kita makan di salah satu rumah makan, yang di order ada kway teo penang, sup mee, oyster telur, mee goreng dan sate ayam, minumnya teh tarik. Kalo soal rasa ya ada yang enak ada yang biasa aja. Selesai makan kita balik ke hotel, udah lelah banget dari pagi.

Oke demikian cerita hari pertama di KL, sampai jumpa di postingan selanjutnya!

2 tanggapan untuk “Jalan-jalan ke Malaysia (part 1)